Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Try Out adalah kegiatan untuk mempersiapkan menjelang diadakannya UN/US, dimana dalam pelaksanaannya sebelum UN/US. adapun tujuan diadakannya Try Out adalah untuk melatih para siswa dalam mengisi lembar jawaban, seperti mengisi identitas dengan benar dan yang utamanya adalah memahami atau mengetahui gambaran untuk soal UN nanti.

Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Berikut contoh soal Try Out SMP Bahasa Indonesia:

Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d.22! 20.

 Kupu-Kupu Berhati Mulia 

Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut. 

Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. 

Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupukupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

20. Komentar yang tepat terhadap isi fabel tersebut adalah ... 
A. Cerita kurang menarik karena berisi hal-hal yang tidak dapat diterima oleh akal sehat pembaca. 
B. Isi cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak balas dendam. 
C. Isi cerita tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak jelas untuk dimengerti oleh pembaca. 
D. Isi cerita bagus meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam cerita tersebut sulit untuk dijalankan. 

 21. Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah... 
A. Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan memunculkan masalah yang harus diselesaikan oleh tokoh semut. 
B. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan. 
C. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar cerita karena dengan membaca kutipan fabel tersebut pembaca dapat mengetahui garis besar ceritanya. 
D. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) karena di dalam kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan. 

22. Komentar yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah... 
A. Banyak menggunakan kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi cerita tersebut. 
B. Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi fabel tersebut. C. Kalimat yang digunakan dalam fabel menggunakan kalimat yang panjangpanjang sehingga membosankan pembaca. 
D. Fabel tersebut banyak menggunakan ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.

Untuk lebih lengkapnya, langsung saja download file soal try out SMP Bahasa Indonesia di bawah ini.




Semoga file yang kami bagiikan ini bermanfaat buat ibu/bapak untuk membimbing dan melatih siswanya untuk menghadapi kegiatan Try Out.

Posting Komentar untuk "Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban"

close