Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) Untuk Siswa SD

Edukasimaster.blogspot.com - Waktu kegiatan menunjukan durasi waktu dan frekuensi kegiatan belajar dari rumah. Pada kegiatan belajar dari rumah untuk SD khususnya untuk kelas 1-3 tidak berpatokan jam sekolah, kegiatan belajar dapat dilakukan kapan saja sesuai kesepakatan peserta didik dengan orang tua.

Untuk dapat fokus dan berkonsentrasi anak SD tidak lama (10-15 menit) sehingga pengaturan waktu kegiatan perlu diperhatikan. Bisakanh anak membuat jadwal kegiatan secara rutin agar meskipun belajar di rumah, tetap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan menyenangkan.

Guru memastikan agar setiap peserta didik dan orangtua dapat melakukan kegiatan untuk stimulasi dan perkembangan dan refleksi pemahaman dan ketercapaian tujuan pembelajaran di rumah masing-masing dengan berkordinasi bersama guru.

Guru memastikan bahwa orang tua menyiapkan waktu di rumah untuk melakukan kegiatan bersama anak, yang dapat dilakukan saat pagi, siang, atau sore hari, sesuai kesepakatan sebagai waktu pendampingan.

Berikut adalah Rencana Kegiatan Belajar Dari Rumah

1. Guru menyusun rencana kegiatan pembelajaran selama 1 minggu

2. Rencana kegiatan belajar dari rumah tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah ditentukan atau disepakati

3. Rencana kegiatan dibuat dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami oleh orang tua, jika komunikasi dengan orang tua dapat dilakukan daring, maka rencana kegiatan dalam bentuk file word, pdf, flyr, ataupun berbagai media dan aplikasi yang mudah digunakan dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi. Namun, jika kesulitan jaringan, maka rencana kegiatan dapat ditulis atau dicetak dan diperbanyak sesuai jumlah peserta didik

4. Rencana kegiatan tersebut disampaikan oleh guru kepada orang tua bagi kelas 1-3, atau secara langsung kepada perta didik bagi kelas 4-6 melalui media sosial atau dalam bentuk cetak jik tidak ada jaringan.

5. Kegiatan yang menggunakan metode bervariasi misalnya bercerita, bernyanyi, eksperimen, membuat karya, proyek dan lain-lain. Video dan lagu juga dapat dapat diberkan kepada orangtua untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan mendukung minat dan potensi peserta didik untuk melakukan kegiatan.

6. Rencana menyertakan tanggal kegiatan untuk mempermudah berlangsungnya kegiatan dan pembuatan laporan guru dan orang tua

7. Rencana Kegiatan juga dapat disertai gambar langkah-langkah atau gambar yang mewakili kegiatan untuk memudahkan dalam memahaminya.

Posting Komentar untuk "Rencana Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) Untuk Siswa SD"

close
Kl1k Dsini 2x [Close]