Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Screenshot Samsung M51 dengan Mudah 2020

Sama dengan umumnya HP Samsung biasanya, handphone keluaran terkini Samsung Galaxy M51 sudah diberi bermacam feature untuk mempermudah pemakainya dalam ambil tangkapan kutipan monitor atau yang lebih diketahui dengan arti Screenshot atau Screen Capture.

Pada Samsung Galaxy M51, minimal tawarkan 4 (empat) buah langkah. Yakni dengan meggunakan tombol hardware 2 jemari, usap monitor (palm swipe), lewat menu orang kepercayaan dan screenshot panjang atau long. Menariknya, dari ke-4 feature yang dijajakannya itu, tidak satu juga salah satunya membutuhkan program tambahan atau menjadi bawaannya.

Samsung Galaxy M51 sendiri adalah hp kelas menengah yang sah masuk di Indonesia di bulan Oktober 2020 lalu yang dibandrol pada harga pertama sebesar Rp5.499.000. Hp ini tiba dengan tawarkan bermacam feature terkini dan detail yang lebih mempuni dibanding Galaxy M Series yang lain.

Salah satunya diberi panel Super AMOLED Plus 6,7 inch FHD+, dilengkapi chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm), RAM 6GB atau 8GB yang digabungkan dengan intern penyimpanan 128GB, quad camera belakang (64+12+5+5 MP) dengan camera selfie 32 MP, baterei super jumbo 7000 mAh dan lain-lain.

Nah, untuk kalian yang sudah mempunyai HP Samsung M51 ini tapi masih bimbang mengenai bagaimanakah cara ambil Screenshot untuk tersimpan ke gallery, di bawah ini kami suguhkan panduan selengkapnya. Dimulai dari sistem classic dengan memakai tombol hardware 2 jemari, tiada tombol (usap monitor dan menu orang kepercayaan) sampai screenshot panjang (long).


1. Langkah Screenshot Samsung Galaxy M51 Memakai Tombol

Langkah pertama yang tersering dipakai untuk ambil screenshot pada HP Samsung, terutamanya Galaxy M51 ialah memakai tombol hardware gabungan 2 jemari. Yakni dengan memencet tombol VOLUME BAWAH + DAYA secara bertepatan atau meredamnya sepanjang lebih kurang 2 detik.

Sebentar sesudah screenshot sukses diambil, karena itu monitor akan berkedip diikuti ada bunyi shutter / camera. Hasil SS itu secara automatis akan disimpan di Gallery dan untuk menyaksikan hasilnya, kalian langsung bisa langsung masuk di folder Gallery > Screenshot.

Sayang, walau langkah classic ini paling ringkas dipakai, namun bisa menyebabkan berlangsungnya kerusakan awal pada tombol Power dan Pengontrol Suara bawah jika sering dipakai. Nah untuk menanganinya, kalian dapat memakai langkah lain, yaitu screenshot tiada tombol.

2. Langkah Screenshot Samsung Galaxy M51 Tiada Tombol

Tangkapan kutipan monitor pada HP Samsung Galaxy M51 terdiri di dalam dua sistem. Pertama dengan menyekakan telapak tangan atau yang lebih diketahui dengan arti Palm Swipe (usap monitor) dan ke-2 melalu Shortcut Menu Asistant.

Tapi saat sebelum memakai ke-2 sistem itu, kalian harus aktifkan lebih dulu pada menu penataan. Karena secara standard ke-2 feature itu belum juga aktif. Nah untuk aktifkan dan bagaimana langkah memakainya, silakan baca cara-caranya di bawah ini.

2.1. Palm Swipe (Usap Monitor)

- Pertama, masuk di menu Penataan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur] (saksikan gambar untuk lebih detilnya).

- Jika telah, silakan aktifkan [Palm swipe to capture] dengan memencet tombol aktivasi yang ada di sisi kanan tulisan "Aktif".

- Jika telah aktif, kalian bisa langsung memakainya. Triknya cukup, lempengkan tangan lalu usap monitor dari arah kanan ke kiri (saksikan gambar).

- Sama dengan sistem classic di atas, waktu proses SS sukses dikerjakan, karena itu monitor akan berkedip dan akan kedengar bunyi bunyi shutter dan hasilnya sendiri dapat disaksikan pada menu gallery.

2.2. Pintasan Menu Orang kepercayaan

- Pertama, silaka masuk di menu Penataan » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan] selanjutnya aktifkan [Menu Orang kepercayaan].

- Sebentar sesudah feature ini aktif, maka tampil satu simbol menu kecil terbuka di samping kanan monitor.

- Untuk memakainya ambil screen capture, silakan ketok menu itu selanjutnya tentukan [Screenshot / Gambar Monitor] sama seperti yang nampak pada gambar di bawah ini. 

- Usai. Silakan masuk di menu Gallery untuk menyaksikan hasilnya.

3. Langkah Screenshot Panjang (Long) Samsung M51

Sama dengan umumnya handphone Android biasanya, di dalam piranti lunak Samsung Galaxy M51 sudah dimasukkan feature screenshot panjang atau long, yakni satu feature yang memungkinkannya pemakainya untuk ambil kutipan monitor secara memanjang ke bawah. Misalnya dapat kalian saksikan pada gambar berikut ini. 

Nah untuk memakai feature screenshot panjang ini, triknya sangat gampang serta tidak memerlukan program tambahan (faksi ke-3 ) sebab ini ialah feature bawaan / standard yang hampir dipunyai seluruh hp Samsung, terhitung Galaxy M51 ini. Lalu bagaimanakah langkah aktifkan dan memakainya? Berikut cara-caranya.

- Membuka menu [Pengaturan / Settings] » [Fitur Kelanjutan / Advanced Fiturs] » lalu aktifkan [Aktif Pandai / Smart Capture].

- Sesudah aktif, cara seterusnya silakan masuk di tempat yang akan discreenshot panjang.

- Kemudian, silakan mengambil screenshot memakai salah satunya sistem yang di atas, baik memakai tombol 2 jemari, usap monitor, atau lewat menu asistant.

- Waktu tangkapan monitor sukses diambil, maka tampil satu kotak diskusi kecil (Aktif Pandai / Smart capture) di bawah monitor. Nah dalam kotak itu, silakan tap simbol [Panah Bawah] sama seperti yang nampak pada gambar ini. 

- Waktu simbol panah itu diketok, karena itu monitor akan berguling sekali. Untuk ambil SS lebih panjang, silakan tap simbol panah itu secara berkali-kali sampai batasan tempat yang pengin kalian capture.

- Hasilnya sendiri akan nampak pada preview yang ada di sisi kiri monitor dan secara automatis akan disimpan ke dalam folder gallery. Usai.

Sebatas info tambahan, dalam feature "Smart Capture" Samsung Galaxy M51, kecuali ada feature untuk ambil screenshot panjang, ada opsi yang lain. Terhitung "Crop" yang berperan untuk menggunting screenshot, "Ubah" untuk mengubah hasil tangkapan dan "Sharing" untuk bagikannya ke media sosial.

Bagaimana gampang kan? Nah, itu panduan komplet mengenai bagaimanakah cara ambil screenshot HP Samsung Galaxy M51 baik memakai tombol, tiada tombol dan long screenshot kesempatan ini. Mudah-mudahan berguna untuk kalian yang memerlukannya. Terima kasih sudah bertandang, Salam!

Posting Komentar untuk "4 Cara Screenshot Samsung M51 dengan Mudah 2020"