Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Tes Wawancara PPPK Guru Honorer Tahun 2021

Edukasimaster.site - Pada tahun 2021 nanti, pemerintah melalui kemendikbud serta dukungan menteri keuangan akan mengadakan seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer dan umum dengan jumlah lowongan lebih 1 juta. Pemrintah pusat menyarankan kepada pemerintah daerah untuk mengajukan sebanyak-banyaknya kuota PPPK ini karena pemerintah pusat sudah mempersiapak anggrannya. 

Adapun ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipersiapakn oleh bapak/ibu guru honorer di seluruh indonesia yaitu:

1. Untuk Guru Honorer

Bagi bapak/ibu guru honorer yang sudah terdaptar di Dapodik dan sudah mempunyai Nmor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan sudah melakukan sinkronisasi di Ino GTK dengan menyandang gelar ijazah terakhir yaiutu S1.

2. Untuk Umum

Untuk pelamar PPPK yang belum terdaptar di Dapodik atau belum mengajar syrat bisa mengikuti tes PPPK pada tahun 2021 nanti adalah harus memiliki Sertifikat Pendidikan (Serdik) yang sudah menyelesaikan PPG.

Untuk mempersiapkan Tes PPPK tahun 2021 nanti ada beberapa yang harus bapak/ibu guru persiapakan yaitu pendalaman materi atau latihan soal sebagai bahan untuk menghadapi tes PPP nanti. 

Tahap Awal, Memahami kisi-kisi yang sudah ditentukan oleh pemerintah, apa kisi-ksisinya? berikut kisi-kisi Resmi yang dikeluarkan oleh Kemdikbud mengenai Tes PPPK tahun 2021 nanti:

NO

KOMPETENSI DASAR

SOAL

WAKTU

1

Manajerial

40 Soal

 

100 Menit

2

Sosial Kultural

10 Soal

3

Teknis

40 Soal

4

Tes Wawancara

10 Soal

20 Menit

Total

120 Menit

Tahap Kedua, pendalaman materi terkait kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh pemerintah supaya nanti saat tes bapak/ibu menguasai materi-materi yang mungkin akan keluar dalam soal-soal.

Contohnya, apa itu manajerial bagi guru? mungkin dalam hal ini bentuk soal yang akan keluar adalah bagaimana bapak/ibu me menej pembelajaran di kelas,atau dikenal dengan kompetensi Pedaggik dimana bapak/ibu guru harus mampu mereancang perangkat pembelajaran, mengelola kelas.

Tahap Ketiga, Latihan soal baik melalui Website maupun melalui Yaoutube yang sesuai dengan  kisi-kisi yang telah ditentukan.

Intinya, dalam persiapak menghadapi tes PPPK tahun 2021 nanti bapak/ibu guru honorer harus menguasai beberapa kompetensi misalnya: kompetensi Pedagogik beserta soalnya, Kompetensi Profesional beserta contoh soalnya, KOmpetensi Kepribadian beserta contoh soalnya dan Kompetensi Sosial beserta contoh soalnya.

Baik bapak/ibu guru, mungkin itulah sedikit pembeahsan mengenai persiapan untuk menghadapi seleksi PPPK pada tahun 2021 nanti.

Berikut adalah Passing Grade Seleksi PPPK Tahun 2021.

NO

KOMPETENSI DASAR

SOAL

NILAI

NILAI

1

Manajerial

40 Soal

x 1

40

2

Sosial Kultural

10 Soal

x 2

20

3

Teknis

40 Soal

x 3

120

4

Tes Wawancara

10 Soal

(1-3)

30

TOTAL

210

Kriteria Penilaian Lolos PPPK:

1. Nilai ambang batas, minimal 65, (Manajerial, Sosial Kultural, dan Teknis)

2. Khusus nilai ambang batas Teknis minimal 42

3. Dan nilai ambang batas Tes Wawancara adalah 15

Untuk Tes Kompetensi dan Wawancara PPPK Tahun 2021 untuk pertanyaan wawancara dijawabnya secara tertulis, jumlah butir soal yaitu 10 soal. Berikut Contoh soal Tes Wawancara PPPK Guru Honorer 2021.

1. Anda ditunjuk sebagai Ketua Rapat dan ketika rapat sedang berlangsung ada salah seorang peserta rapat yang menerima telepon. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?

a. Membiarkannya 

b. Menegurnya supaya keluar dari rapat

c. Membiarkannya menerima telepon

d. Berbisik kepadanya supaya berhenti menerima telepon

Jawaban Soal Tes Wawancara PPPK Tahun 2021 :

Bila kita analisis soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai ketua rapat. Seorang ketua rapat harus mempunyai wibawa, tegas, tanggung jawab dan bijaksana dalam mengatur jalannya rapat.

Kemudian, bila kita lihat pilihan jawaban a yaitu membiarkannya, jawaban kurang tepat karena tindakan seperti itu memiliki kesan bahwa Anda sebagai ketua rapat tidak tegas serta tidak peduli dengan bagaimana seharusnya rapat berjalan.

Adapun bila kita melihat pilihan jawaban b yaitu menegurnya supaya keluar dari rapat, jawaban juga kurang tepat. Alasannya meskipun tindakan seperti itu tegas namun tidak bijaksana karena mungkin saja peserta rapat tersebut menerima telepon yang sangat penting dan mendesak.

Selanjutnya, pilihan jawaban c yaitu membiarkannya menerima telepon merupakan jawaban yang paling tepat, karena tindakan tersebut merupakan tindakan bijaksana serta dapat dimaklumi karena peserta rapat tersebut bisa saja menerima telepon yang sangat penting penting dari keluarga, rekan kerja atau pihak lain. Berbeda dengan pilihan jawaban a yang tidak spesifik, pada pilihan jawaban c ada keterangan spesifik tentang tindakan yang dilakukan.

Terakhir bila kita melihat pilihan jawaban d, yaitu berbisik kepadanya supaya berhenti menerima telepon juga merupakan tindakan yang kurang tepat. Alasannya meskipun terlihat sopan tapi ada kesan kita tidak menghargai kepentingan orang lain juga yang bisa saja peserta rapat tersebut menerima telepon yang sangat penting dan mendesak.

2. Anda merupakan seorang asisten yang bertugas membantu dokter dalam proses operasi bedah. Saat itu Anda ditugaskan untuk membantu dokter yang akan melaksanakan operasi bedah, namun Anda mengetahui bahwa dokter tersebut dalam keadaan mabuk minuman alkohol. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?
a. Menegur dokter tersebut
b. Melaporkan kepada atasan bahwa dokter dalam keadaan mabuk
c. Membiarkannya yang penting pelaksanaan tercapai
d. Tetap membantu dokter tersebut dan bila terjadi apa-apa Anda punya alasan supaya tidak disalahkan

Jawaban Soal Tes Wawancara PPPK Tahun 2021 :
Bila kita analisis bahwa posisi Anda pada soal ini yaitu sebagai seorang Asisten yang harus profesional dan berdedikasi dalam membantu tugas dokter. Namun disisi lain, posisi Anda sebagai pelayan kesehatan juga harus memperhatikan betul-betul kesehatan dan keselamatan pasien serta SOP (Standar Operasional Prosedur).

Pilihan jawaban a, kurang tepat karena posisi dokter dalam keadaan mabuk. Dalam keadaan mabuk akal sehat dan nalarnya kurang jalan, sehingga meski Anda menegurnya kemungkinan besar akan dihiraukan.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat karena pada posisi mabuk, biasanya akal sehat dan nalar seseorang kurang jalan dan berpotensi membahayakan orang lain sehingga untuk mencegah tindakan malapraktik melaporkan kepada atasan merupakan tindakan yang tepat.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat karena membiarkannya berarti Anda juga ikut terlibat dalam tindakan malapraktik yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan pasien.

Pilihan jawaban d juga merupakan pilihan yang kurang tepat karena Anda telah membantu seseorang yang bisa saja mencelakakan pasien dan berbuat malapraktik dan tidak mencerminkan sikap sebagai seorang pelayan kesehatan yang profesional.

Demikian, contoh soal tes wawancara PPPK beserta jawaban mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan gambaran terhadap soal-soal yang mungkin akan keluar dalam tes tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Tes Wawancara PPPK Guru Honorer Tahun 2021"

close
Kl1k Dsini 2x [Close]