Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BANSOS Tunai Rp 300 Ribu PKH dan BPNT Cair Bulan ini 2021, Begini Cek penerimanya

 Berikut langkah memeriksa yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang bakal diteruskan pada Mei 2021.


Adapun bantuan sosial yang diteruskan Kemensos, yaitu Bantuan sosial Tunai Rp 300 ribu, Program Keluarga Keinginan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).


Untuk bantuan sosial tunai yang usai April 2021, bakal ada tambahan peruntukan pendistribusian 2 bulan, yakni Mei-Juni, dengan index bantuan Rp 300 ribu /bulan.


Kemensos kini sedang mempersiapkan proses pendistribusian bantuan dan akan selekasnya disosialisasikan ke KPM untuk pendayagunaannya.


Saat itu, pendistribusian Bantuan sosial PKH telah masuk step ke-2 .


Data yang menerima bantuan sosial PKH, BPNT, dan Bantuan sosial Tunai Rp 300 ribu yang sudah diteruskan dan atau masih juga dalam proses, bisa dijangkau lewat cekbansos.kemensos.go.id.


1. Membuka situs cekbansos.kemensos.go.id.


2. Masukan Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Dusun/Kelurahan.


3. Masukan nama yang menerima faedah sama sesuai KTP.


4. Masukan 4 huruf code yang tercantum dalam kotak code.


5. Bila tidak terang huruf code, click kotak code itu untuk memperoleh code baru.


6. Click tombol mencari.


Halaman http://cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman http://cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id)


Data Double Bantuan sosial


Kemensos berusaha tingkatkan ketepatan data Yang menerima Faedah (PM) bantuan sosial dalam Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang perlu padan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


"Semenjak 2015 DTKS tiap tahun diperbaharui. Ada saran dari BPK, BPKP dan KPK ada data double dan tidak padan dengan NIK," tutur Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Senin (17/5/2021), diambil dari situs Kemensos.go.id.


Kementerian Sosial (Kemensos) bergerak untuk membenahi data dengan mengikutsertakan Pemerintahan Wilayah (Pemda) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Hasil pencarian lapangan diketemukan satu PM dapat terima sembilan bantuan dan telah masuk penemuan dari instansi pemantauan seperti BPK, BPKP dan KPK.


"Penangkalan dilaksanakan secara periodik, diantaranya melangsungkan pengaturan teratur dengan mengundang instansi pemantauan BPK, BPKP dan KPK," kata Risma.


Pengaturan teratur berbentuk diskusi bagaimanakah cara untuk menyelesaian data PM di DTKS yang perlu padan dengan data NIK yang diatur Kemendagri.


Untuk PM dengan data double masih dapat terima bantuan sosial, tetapi data yang double telah ditidurkan dan cuman satu terima yang padan dengan NIK.


"Yang menerima yang sama sesuai ketentuan dan padan dengan NIK masih terima."


"Seorang dapat terima 9 bantuan, karena itu yang 8 ‘ditidurkan' hingga cuman terima 1."


"Saya peringatkan siapa saja jangan ada yang bermain-main dengan data," tegas Risma.

Posting Komentar untuk "BANSOS Tunai Rp 300 Ribu PKH dan BPNT Cair Bulan ini 2021, Begini Cek penerimanya"

close